RSS

Perda PPJ Dihapus, Pajak Energi Diterapkan

18 Feb

Rencana Dewan
Usai Kunjungan Kerja
di Kerawang, Tanggerang

KUALATUNGKAL – Polemik peraturan daerah terkait pajak penerangan jalan (PPJ), yang sempat mengakibatkan beberapa perusahaan besar di kabupaten Tanjab Barat menunggak hingga senilai total Rp 3 miliar, masih terus berlanjut.

Belakangan, saking sulitnya menetapkan perubahan (revisi) Perda Nomor 5 tahun 1998 itu, anggota DPRD Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) menggelar kunjungan kerja di provinsi Jawa Barat. Yakni, Kabupaten Kerawang dan Tanggerang, beberapa waktu lalu.
Hasilnya, seperti dibeber Abdul Jalil, Wakil Ketua DPRD Tanjab Barat, yang juga tergabung dalam tim panitia khusus I DPRD, beberapa temua di kabupaten tersebut bakal diterapkan. Meski, pihaknya hingga kini harus melakukan pembahasan yang cukup alot atas rencana adopsi temuan-temuan di Tanggerang dan Kerawan itu.
Menurut Abdul Jalil, yang diamini Syafrudin Sekretaris Komisi II DPRD Tanjab Barat, di kabupaten Tanggerang dan Kerawang, Perda yang mengatur soal pajak penerangan jalan memang sudah dihapuskan.
Tetapi, sebagai ganti dihapusnya perda itu, Pemerintah Daerah Tanggerang dan Kerawang malah menerbitkan Perda soal pajak energi listrik (PEL). Serupa tapi tak sama. PEL ini malah lebih tinggi dari PPJ.
“Kalau PPJ Cuma 5 persen dari daya yang dipakai, tapi kalau pajak energi listrik 7 persen,” beber Abdul Jalil, didampingi beberapa rekannya, Syafrudin, Zuldi Ikrom dan Zulmi Erdy, siang kemarin di gedung pola kantor bupati Tanjab Barat.
Jadi apakah nanti hal yang sama bakal diberlakukan di kabupaten Tanjab Barat? Mengenai ini, baik Abdul Jalil, Syafrudin, Zuldi Ikrom dan Zulmi Erdy, tak mau berkomentar.
Menurut Jalil—sapaan Abdul Jalil–, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pembahasan terkait masalah itu. “Kita lagi tahap pembahasan, yang mana yang akan kita terapkan nanti,” tandasnya, lagi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 18, 2008 in News Terkini

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: