RSS

Anggota Dewan Kembali Bersiteru

20 Feb

Terkait PembahasanRaperda Pajak Penerangan Jalan 

KUALATUNGKAL – Lagi-lagi anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), bersiteru. Pasalnya, dalam penetapan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pajak penerangan jalan (PPJ) ada sebagian anggota yang tak setuju penarikan PPJ hanya sebesar 1 persen.           

Kemelut di tubuh dewan itu, khususnya terjadi di panitia khusus (Pansus) I DPRD Tanjab Barat, yang bertugas membahas beberapa perda, termasuk perda PPJ. Seperti diungkap M Fadli, anggota dewan dari fraksi kebangkitan bangsa (FKB).            Katanya, secara pribadi ia tidak setuju kalau pajak penerangan jalan yang dipungut sebesar 1 persen. “Saya secara pribadi malah setuju kalau pajak ditarik 3 persen. Sesuai aturan yang berlaku,” ungkap M Fadli, kepada koran ini, beberapa hari lalu.            Untuk diketahui, saat pembahasan raperda PPJ, terjadi perbedaan pendapat yang cukup alot. Sebagian anggota pansus setuju pajak hanya ditarik 1 persen dari daya yang dikeluarkan, sebagian lagi menolak dengan alasan, sepantasnya pajak ditarik 3 persen untuk semua perusahaan yang beroperasi di kabupaten Tanjab Barat.            “Pemasukan kita dari perusahaan seperti WKS, kan sangat kecil. Kalau community development (pembinaan masyarakat, red), itu kan tidak langsung masuk kas daerah. Jadi andalan kita untuk PAD, ya dari PPJ,” beber Fadli, lagi.            Dikonfirmasi, H Amrin, Ketua Pansus I DPRD Tanjab Barat, menunjukkan reaksi keras atas pernyataan Fadli tersebut. Kata Amrin, anggota dewan yang bicara di luar rapat dewan, tidak berpengaruh.            Apalagi, sambungnya, timnya telah menetapkan bahwa pajak ditarik sebesar 2 persen (jalan tengah dari beda pendapata dewan tersebut), dengan ketentuan perhitungan yang sudah disesuaikan edaran departemen dalam negeri (Depdagri).

            “Kita kan sudah melalui mekanisme, seperti voting. Hasilnya pajak yang ditarik sebesar 2 persen dari daya,” tandas Amrin.(

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 20, 2008 in News Terkini

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: