RSS

Harga Tanah Hutan Kota Selisih Setengah Miliar

27 Feb

Temuan Terbaru
Di Desa Pembengis 

KUALATUNGKAL – Masih terkait rencana pembelian tanah seluas 11 hektar di Desa Pembengis, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), guna pembuatan hutan kota tahun 2008 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjab Barat, ternyata ditemukan selisih harga yang cukup signifikan.

       
Dari hasil penelusuran koran ini, kemarin, di Desa Pembengis harga tanah belukar (tanah kosong) hanya senilai kisaran Rp 5 sampai Rp 10 juta per hektar. Sementara, harga 1 hektar lahan yang sudah berisi tanaman seperti kelapa, sekitar Rp 15-25 juta.

       
Sementara, pada post anggaran pembelian tanah hutan kota yang diajukan PKD, nilai per 1 hektar adalah Rp 70 juta. Rincinya, pembelian 11 hektare tanah hutan kota senilai total Rp 770 juta.
  
     
Patokan harga lahan yang ditemukan koran ini, langsung dari penuturan Gafar, Sekretaris Desa Pembengis, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat. “Paling mahal tanah di sini paling Rp 25 juta-an,” ungkap Gafar, kepada koran ini, ditemui di rumahnya siang kemarin.
       
 
Ditambahkannya, tanah yang bernilai tinggi itu, khususnya tanah yang sudah ditanami pohon kelapa. Karena, sebagian besar tanah di Desa Pembengis, adalah perkebunan kelapa milik warga sekitar.
       
Mengenai rencana pembelian tanah oleh pihak PKD Tanjab Barat, guna pembuatan hutan kota tersebut, diakui Gafar tidak diketahui sama sekali. “Kalau itu, mungkin Kades yang tahu, selama ini saya tidak tahu sama sekali,” bebernya.
 
      
Ditemui di kediamannya, Kades Pembengis Taher, sedang tidak berada di rumah. Menurut seorang wanita yang mengaku istrinya, Taher tengah mengikuti rapat di Kualatungkal. “Bapak lagi rapat di kantor Lurah III,” tandas wanita itu.

Jika dibandingkan harga tanah yang dipaparkan Sekdes Pembengis dengan ajuan pada post anggaran pembelian tanah hutan kota oleh PKD, terdapat selisih anggaran hingga Rp 495 juta.
Sayangnya, lagi-lagi pihak PKD Tanjab Barat tak bisa dikonfirmasi. Berkali-kali ditemui, Kepala PKD Tanjab Barat Izwar Musli, selalu tidak berada di tempat. Dihubungi ponselnya tak pernah aktif.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2008 in News Terkini

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: