RSS

Herdianto: “Kepemilikan Senpi Sipil Harus Dievaluasi”

30 Mar

Buntut Penembakan
Warga oleh Kepala
KUD Tungkal Ulu KUALATUNGKAL – Buntut penembakan seorang warga asal Bengkulu, Nadi, di Desa Merlung, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), menimbulkan kontroversi di segi izin kepemilikan senjata api (senpi) legal. Terakhir, Herdianto, pengamat hukum Jambi yang berdomisili di Kualatungkal, Tanjab Barat, minta izin kepemilikan senjata api segera dievaluasi. Menurutnya, penggunaan senjata api bagi warga sipil, harus ditertibkan lagi. Apalagi, aparat kepolisian RI saja, hingga kini pengunaan senpi sudah dibatasi dengan aturan yang kuat. “Nah kalau aparat saja pengunaan senpi dibatasi, apalagi warga sipil, mestinya lebih ditertibkan lagi,” tegas Herdianto, dihubungi via ponselnya, kemarin.

Disarankannya, kalaupun izin senpi masih banyak digunakan warga sipil, setidaknya pihak Polres maupun Polda Jambi, lebih mengintesifkan evaluasi per 3 atau 6 bulan sekali. Supaya, bisa lebih terpantau penggunaan senpi yang izinnya telah dikeluarkan tersebut.Dengan begitu, sambungnya, kejadian seperti penembakan warga oleh warga sipil yang dilakukan Samsu Warnaputra beberapa waktu lalu itu, tidak akan terulang kembali di masa mendatang. Dikarenakan, adanya kontrol yang kuat bagi penggunaan senpi berstatus legal.

“Harapan ke depan, tidak bakal terjadi lagi penembakan warga sipil oleh warga sipil yang mengantongi izin kepemilikan senpi,” bebernya.Sekedar mengingatkan, pada Senin (24/3) lalu, telah terjadi penembakan oleh Samsu Warna Putra, Ketua KUD Tungkal Ulu, di Desa Pulau Pauh, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat). Korbannya, Nadi, warga desa Merlung asal Bengkulu, terpaksa dilarikan ke RS Asia Medika dengan lubang menganga di bagian leher sebelah kirinya.Dari hasil pemeriksaan Polres Tanjab Barat, diketahui bahwa kejadian itu murni kelalaian Samsu hingga mengakibatkan orang lain terluka. Karenanya, Samsu diancam hukuman penjara maksimal 6 tahun sesuai pasal 360 KUHP.(nas)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2008 in News Terkini

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: