RSS

Kodim 0419 Amankan Minyak Ilegal

06 Mei

KUALATUNGKAL – Satuan petugas Kodim 0419 Tanjung Jabung, berhasil mengamankan tiga orang tersangka pelaku minyak mentah ilegal, di lokasi SWB II Desa Purwodadi, Kecamatan Tungkal Ulu, pada Senin (5/5) lalu sekitar pukul 23.00 WIB.

Penangkapan itu terjadi persis ketika ketiga tersangka tengah melakukan pemindahan minyak mentah dari salah satu mobil tangki minyak milik PT Petrochina ke mobil tangki yang dibawa pelaku.

Selain ketiga pelaku yang diamankan, Johan (sopir mobil), Sudaryanto (penampung minyak) dan Andi (kernek), petugas Kodim juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil tangki tanpa merek kapasitas 10.000 liter nopol BH 8491 AU, 2 unit sepeda motor merek Honda tanpa nolop, dan satu selang minyak.

Penangkapan tersebut juga berkat bantuan dari satuan pengaman PT Petrochina, yang sudah curiga dengan sepak terjang kawanan pelaku minyak illegal tersebut. “Pelaku berikut barang bukti sementara kita amankan di Makodim. Nanti kita akan serahkan ke pihak Polres untuk diproses lebih lanjut,” ungkap Letkol Inf Untung Purwadi, Dandim 0419 Tanjung Jabung, kepada sejumlah wartawan di kantornya, kemarin.

Dibeberkannya, satuan unit intel Kodim dan Babinsa sebenarnya sudah menyebar di seluruh wilayah Tanjung Jabung, mengendus aksi kawanan minyak illegal tersebut. Barulah ketika Senin malam, bersama-sama petugas keamanan PT Petrochina, satuan intel Kodim melihat gelagat yang mencurigakan dari para pelaku. Ketika diikuti, akhirnya pelaku bisa tertangkap tangan persis ketika akan memindahkan minyak mentah milik PT Petrochina ke mobil pelaku lain.

“Kita tidak punya hak untuk menahan serta memproses para pelaku dan hari ini juga pelaku berikut barang bukti akan kita serahkan ke Polres. Kita hanya memeriksa awal saja,” ujarnya.

Anjas, seorang petugas keamanan PT Petrocina yang kemarin juga berada di Makodim 0419 Tanjung Jabung, membenarkan soal penangkapan aksi minyak illegal tersebut. ”Para tersangka kepergok saat kita sedang melakukan patroli rutin,” tandas Anjas.

Ditambahkannya, selain 3 pelaku yang diamankan itu, juga ada 6 lagi yang masih diburu, yang diduga terlibat aksi minyak illegal itu.(nas)

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 6, 2008 in News Terkini

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: