RSS

Petrochina Bantah Cemari Lingkungan

14 Jul

Akui Bapedalda
Provinsi Sudah
Meninjau Lokasi

KUALATUNGKAL – Kasus temuan lokasi tempat pembuangan limbah illegal milik PT Petrocina, oleh Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Kapedalda) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) beberapa waktu lalu, dibantah tegas pihak PT Petrocina.


    Menurut pihak Petrocina, pihaknya tidak pernah mencemari lingkungan seperti dimaksud Kapedalda Tanjab Barat. Bahkan, pihak Petorcina mengakui bahwa Bapedalda Provinsi Jambi sudah mengetahui lokasi pembuangan limbah di Dusun Terjun Jaya, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, itu.
    Tanggapan ini diungkap Humas PT Petrocina Julian, melalui seseorang yang tak mau menyebut namanya, ketika dihubungi koran ini, kemarin (14/7). Meski begitu, pihak Petrocina mengaku siap memenuhi panggilan dari Kapedalda Tanjab Barat, terkait klarifikasi temuan tempat pembuangan limbah tersebut.
    “Kita memang belum terima surat panggilan dari Kapedalda, tapi kita akan datang untuk mengklarifikasi terkait temuan mereka,” tegas seorang lelaki, ketika dihubungi via ponsel Staf Humas Petrocina, Julian, kemarin.

Dewan Minta Kapedalda Tanggap

    Yani Permani, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjab Barat dari Komisi II, minta pihak Kapedalda tangap dalam permasalahan temuan tempat pembuangan limbah illegal milik PT Petrocina. Apalagi, dewan juga sempat ikut pada saat mengecek ke lokasi pembuangan limbah di Dusun Terjun Jaya, Desa Pematang Lumut, Betara.
    “Kita kan ikut turun waktu itu, jadi kita minta Kapedalda tanggap dalam menyelesaikan masalah ini,” ungkap Yani, menghubungi koran ini, kemarin.
    Ditambahkannya, mestinya Kapedalda bersikap tegas untuk penyelesaian masalah temuan tempat pembuangan limbah illegal tersebut. Termasuk, hasil labor sampel limbah yang dikirim Kapedalda beberapa waktu lalu.
    “Kita juga sedang menunggu hasil labor yang dikirim Kapedalda, biar tahu hasilnya seperti apa,” tandas Yani, yang menegaskan bahwa pihaknya juga akan melayangkan panggilan kepada PT Petrocina.

Kapedalda Tunda Rakor

 Sementara, rapat koordinasi (rakor) Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Kapedalda) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), bersama dinas-instansi terkait temuan tempat pembuangan limbah illegal PT Petrocina, ditunda. Penundaan ini menunggu hingga hasil sampel limbah yang dikirim ke laboratorium Jambi, keluar.
 “Mungkin hari Kamis rapat bisa kita gelar, undangan untuk Petrocina sudah kita kirim hari ini,” ungkap Mardi Barrus, Kepala Kapedalda Tanjab Barat, kepada koran ini, kemarin (14/7).
 Ditambahkannya, hasil laboratorium Jambi, untuk sampel limbah yang dikirim pihaknya, akan keluar dalam 1 atau 2 hari lagi. Dari hasil itu, pihaknya bisa mengambil langkah-langkah yang perlu untuk menyelesaikan persoalan temuan tempat limbah illegal PT Petrocina, di Dusun Terjun Jaya, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, itu.
 “Rapat tetap kita gelar, sampai hasil labor kita terima. Selain itu, dinas-instansi lain juga sudah bersedia menggelar rapat koordinasi dengan kita,” tegas Barrus, lagi.
 Sementara, menyangkut pernyataan pihak Petrocina, yang menyebut bahwa Bapedalda Provinsi Jambi sudah pernah turun mengecek lokasi pembuangan limbah dimaksud, langsung dibantah oleh Mardi Barrus. Kata Barrus—sapaannya–, jika Bapedalda Jambi turun ke Tanjab Barat, sudah tentu pihaknya mendapat laporan.
 Sedangkan hingga saat ini, pihaknya tidak pernah mendapat laporan soal turunnya Bapedalda Provinsi terkait pemeriksaan lokasi tempat pembuangan limbah illegal tersebut. “Kalau mereka (Bapedalda Provinsi) turun, tentu mereka lapor ke kita,” bebernya.
 Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat dan pihak terkait, bersabar hingga hasil sampel limbah dikeluarkan laboratorium Jambi. Setelah itu, persoalani ini akan segera dicarikan jalan keluarnya.(*)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 14, 2008 in News Terkini

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: