RSS

Petrocina Akui Tak Bahayakan Lingkungan

20 Jul

Dari Kajian
Kolam Lumpur
Limbah NEB 19

KUALATUNGKAL – PT PetroChina International Jabung Ltd, membantah bahwa pihaknya telah membahayakan lingkungan sekitar tempat pembuangan limbah di Dusun Terjun Jaya, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).


Pasalnya, dari hasil kajian yang dilakukan oleh PetroChina Jabung bersama Kantor Pengendalian dan hasil laboratorium lingkungan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Provinsi Jambi, tidak ditemukan limpasan limbah cair di sekitar lokasi sumur, baik di kanal maupun di sungai terdekat.

Bahkan, hasil investigasi yang dilakukan pihaknya, tidak ditemukan adanya tanda-tanda tumbuhan ataupun hewan di sekitar lokasi sumur yang rusak ataupun mati. “Tidak ada tumbuhan yang rusak atau hewan mati. Ini memperlihatkan bahwa kolam tidak mengalam peluberan dan sama sekali tidak ada pencemaran,” tegas Asmudin, Health Safety & Environment (HES) Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, melalui press release yang dikeluarkannya, kemarin (20/7).

Meski begitu, Asmudin mengakui bahwa pihaknya memang benar telah memindahkan air limbah bekas kegiatan pengeboran di sumur NEB #63 ke kolam lumpur sumur NEB #19/31, Dusun Terjun Jaya. Namun, hal itu dilakukan dengan alasan selain untuk mencegah terjadinya limpasan air limbah dari kolam lumpur yang hampir penuh, juga memudahkan proses pengolahan air limbah tersebut.

Pasalnya, di sumur NEB #63 tidak bisa dilakukan aerasi (menambahkan oksigen ke dalam air limbah) untuk menurunkan kandungan CPD dan proses pengambilan laipasn minyak di atas air. Sebab, di sekitar lokasi itu masih ada kegiatan pengeboran.

“Sumur NEB #19/31 kita pilih karena di lokasi itu dapat dilakukan aerasi, pengambilan lapisan minyak dan penaburan bakteri yang ramah lingkungan untuk memakan sisa-sisa minyak yang tida bisa diambil lagi secara manual,” tandas Asmuddin.

Mardi Barrus, Kepala Kapedalda Tanjab Barat dikonfirmasi membenarkan soal bantahan PetroChina tersebut. Baik soal tidak adanya tumbuhan atau hewan yang mati, maupun tidak adanya pencemaran di sumber mata air di sekitar lokasi. Bahkan, Barrus juga mengakui bahwa pihak PetroChina sudah mengantongi izin pembuangan limbah yang dikeluarkan oleh BP Migas.

“Kata mereka sudah ada izin dari BP Migas, tapi kita tetap akan cek izin itu,” tegas Barrus—sapaan Mardi Barrus, saat dikonfirmasi via ponselnya, kemarin.

Namun, pihaknya tetap bersikeras meminta PetroChina untuk tidak membuang limbah ke lokasi sumur di Dusun Terjun Jaya. “Untuk sementara, kita minta mereka (PetroChina) jangan buang limbah dulu di lokasi itu,” tandasnya.(*)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 20, 2008 in News Terkini

 

Tag: , , , , , , ,

2 responses to “Petrocina Akui Tak Bahayakan Lingkungan

  1. Elyas

    April 17, 2010 at 10:28 am

    Slmt Sore Mas…
    Saya mw nnya nie mas?? saya kan jurusn T.Pertambangan.
    kira2 bisa KP dPetrochina Jabung Ltd ga mas?? kebetulan saya ank dari Tanjab Timur.. klw saya mw bhas mengnai Reklamasiny bisa ga ya?

     
  2. Joe

    Mei 4, 2010 at 6:03 am

    Bro, saya kemungkinan mau pindah kerja ke Tanjung Jabung , tepatnya ke Tanjung Jabung Power. Saya buta sekali mengenai peta/lokasi darah ini. Pertanyaan penting yg saya mau tanyakan adalah bagaimana dengan akses internet (3G) di daerah ini, apa tersedia akses broadband wireless Indosat atau Simpati ?
    Terimakasih atas perhatiaannya bro.
    Salam dari Bandung, Jawa Barat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: