RSS

Caleg Lulus CPNS Boleh Maju

04 Feb

Tak Diatur dalam UU Kepegawaian

JAMBI – Kabar gembira bagi calon anggota legislatif (caleg) DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Biarpun lulus calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2008 lalu, caleg bersangkutan masih boleh maju daam pemilu.


Mengacu Undang-Undang Kepegawaian, seorang CPNS belum bisa dikatakan sebagai PNS. Sementara larangan ikut terlibat dalam pengurusan partai politik berlaku bagi PNS.

Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jambi Sudirman menjelaskan, proses CPNS menjadi PNS melalui beberapa tahapan, termasuk pelatihan prajabatan. Nah, pada prajabatan itu seorang CPNS akan dinilai bisa atau tidak diangkat menjadi PNS di lingkup pemerintahanan yang dia masuki.

“Kalau dia terlibat parpol, bisa jadi bahan pertimbangan untuk tidak mengangkat dia menjadi PNS,” beber Sudirman kemarin (3/2).
Berdasarkan itu, seorang caleg yang lulus administrasi sebagai CPNS, menurutnya, bisa maju pada Pemilu 2009, sepanjang saat pemilu dia belum diangkat menjadi PNS.

Namun soal mundur atau tidak di parpol atau di CPNS, itu hak masing-masing caleg. “Jadi itu tetap pilihan masing-masing, mau mundur di parpol atau mundur di CPNS. Tapi alangkah baiknya kalau mundur di parpol, itu berarti menunjukkan keseriusan dia (caleg) mau jadi seorang PNS,” jelasnya.

Sekadar mengingatkan, puluhan caleg baik untuk DPRD provinsi maupun DPRD kota dan kabupaten beberapa waktu lalu mengundurkan diri dari bursa Pemilu 2009 karena lulus CPNS.

Koordinator Divisi Peserta Pemilu Azhar Mulia beberapa waktu lalu mengatakan, jumlah caleg DPRD provinsi yang mengajukan surat pengunduran diri berjumlah tiga orang. “Satu sudah kita plenokan, yakni dari Gerindra. Sementara dua lagi dari PKS masih menunggu surat,” ujar Azhar.

Dijelaskan, berdasarkan data per 27 Januari 2009, untuk Kota Jambi ada satu caleg lulus CPNS, atas nama Bambang Rismanto dari PKNU. Di Sarolangon ada dua, Asad Kadir dari Golkar dan  M Ibnu dari PAN.
Kerinci dua orang, Feri Satria dari PPRN dan Osra Yandi dari Partai pelopor. Kabupaten Bungo dua, Eka Siska Mardiana dari dDemokrat dan Zulfa dari PDIP. Marojambi lima orang, dari PKS tiga, yakni Maulina, Rafli, dan Ririn. Kemudian Sukri dari PKB dan Yusuf Ahmad dari PPPI.

Sementara di Merangin dua orang, Heriyanto dari PAN dan Harliyudi dari PKS. Kabupaten Tebo satu orang dan Kabupaten Merangin tiga orang, yakni Riska Angelia dari PPP, Desi Susanti dari Gerindra, dan Desi Suryani dari Golkar.

Hingga kini tercatat 28 caleg lulus CPNS pada 2008. Semuanya masih belum memberi kepastian apakah mundur dari posisi caleg atau mundur dari statusnya sebagai CPNS.(nas/nid)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2009 in News Terkini

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: