RSS

Saat Walikota Jambi Berkantor di Kelurahan

07 Jan

Begitu Datang, Staf Tegang

Walikota Jambi H SY Fasha akhirnya memenuhi janjinya berkantor di kelurahan. Kemarin (7/1), secara mendadak Fasha berkantor di Kelurahan Telanaipura. Ini kelurahan pertama yang didatangi Fasha.

Fasha datang sendiri ke kantor lurah sekitar pukul 09.30. Di kantor itu, dia menemukan empat orang staf kelurahan, sementara lurah tidak berada di tempat. Begitu ia datang, wajah para staf langsung terlihat tegang.

Bagaimana tidak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, orang nomor satu di birokrasi Kota Jambi itu datang seolah akan inspeksi mendadak (sidak) kinerja mereka. Sudah menjadi rahasia umum juga, pelayanan di kelurahan sering dikeluhkan warga. Para staf tersebut kemudian sibuk mempersilakan Walikota Jambi H SY Fasha duduk.

Kantor Lurah Telanaipura sendiri terletak berdampingan dengan kantor Camat Telanaipura. Dan beberapa menit setelah kedatangan Walikota di kantor lurah, barulah lurahnya muncul. Masih terlihat ketegangan di wajah para staf, begitu juga dengan lurah.

Namun, ketika ditanyai wartawan, mereka mengaku tidak tegang. Karena, Walikota sendiri dari jauh hari sudah mengatakan akan berkantor di kelurahan. Dan sistemnya memang seperti sidak, dimana tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Mukhatab, Lurah Telanaipura ketika ditanyakan mengaku tidak kaget dengan kedatangan Walikota yang mendadak tersebut. Dia beralasan, Walikota sudah memberi tahu akan berkantor di kelurahan sejak jauh hari. Dan dia juga mengaku saat Walikota hadir, dirinya sedang tak berada di kantor.

“Ada staf yang nelpon, bilang Pak Wali di sini. Saya langsung ke kantor, tadi saya ngawasi orang motong kayu di bawah sana,” ujarnya.

Hal pertama dilakukan Walikota menurutnya adalah menanyakan kegiatan rutin kantor lurah. Terkait dengan palayan dan laporan pembukuan. Kemudian, Walikota diberikan meja kerja di ruang tunggu. Meja kerja tersebut sebelumnya dipergunakan oleh Kasi Trantib.

“Kita kan harus standby, jadi buat apa kaget. Karena kita sudah tahu Walikota akan berkantor dan melaksanakan tugas di sini,” ujarnya. Mukhatab mengatakan, Walikota tidak mengambilalih tugas kelurahan.

Edi, Kasi Trantib kelurahan juga mengatakan tidak kaget dan tegang ketika Walikota berkantor di kelurahan Telanaipura. Hanya saja. Pada pagi hari ketika mereka sedang di kantor, Walikota tiba-tiba muncul di pintu.

“Pak Wali dari jalan langsung ke sini. Tidak mampir dulu ke kantor camat. Bahkan ketika Pak Camat di sini, malah disuruh pergi untuk melaksanakan tugasnya lagi,” kata Edi.

Dia menyebutkan, saat ini di Kelurahan Telanaipura ada enam staf, bertujuh dengan Lurah Telanaipura. Mereka melaksanakan tugas terkait pelayanan masyarakat. Walikota sendiri ketika berkantor hingga siang kemarin, juga melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Walikota. Seperti memeriksa surat-surat masuk, menandatangani surat, sampai menerima Kepala SKPD yang akan menghadap padanya.

Fasha ketika ditanyakan mengenai reaksi staf kelurahan, mengatakan memang harus kaget dengan kedatangannya. Karena, jika tak kaget berarti mereka sudah mengetahui rencana kedatangannya. Padahal ia tidak memberi tahu kelurahan mana yang akan didatangi.

Ketika ditanyakan mengenai jadwal berkantornya di Kelurahan, Fasha mengaku dalam satu minggu ada tiga kali dirinya di kelurahan. “Harusnya memang Rabu, Kamis, Jumat, tapi disesuaikan dengan kegiatan,” tandasnya.(enn/nas)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2014 in News Terkini

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: