RSS

Izin PT Antam Habis

28 Apr

Pemprov Buka
Peluang Bagi
Perusahaan Lain

JAMBI – Izin PT Aneka Tambang (Antam) yang menjalankan kegiatan eksplorasi tambang emas sudah habis. Hal ini ditegaskan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) kepada wartawan, kemarin (28/4).

Dia mengatakan, ke depan, Pemprov memberikan kesempatan bagi perusahaan lain yang bergerak di bidang tambang emas untuk menggarap kawasan yang sebelumnya digarap PT Antam itu. “Kalau ada yang mau eksploitasi, kita kasih peluang,” tegasnya.

Untuk diketahui, PT Antam mempunyai wilayah eksplorasi mencakup dua Kabupaten: Sarolangun dan Merangin. Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi Erman Rahim kemarin menerangkan, persoalan eksplorasi ini memang sudah dilarang.

Bahkan, ini sudah ditegaskan oleh Gubernur Jambi. “Kan sudah dijelaskan Gubernur. Antam jika mau eksplorasi maksimal dia diberi waktu 8 tahun. Tanggal 1 Mei mereka pas, jadi mereka tak boleh lagi ekplorasi,” tegasnya.

Oleh karenanya, jika PT Antam tetap mau mengajukan izin eksplorasi, maka tak akan ada kata persetujuan dari Pemprov Jambi. Kalau pun PT Antam mau mengajukan izin juga, mereka harus mengajukan izin eksploitasi atau produksi. “Itu peningkatan dari kegiatan eksplorasi saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, soal perizinan SIUP di Provinsi Jambi, dari jumlahnya yang mencapai ratusan izin, hanya 1 izin SIUP yang dikelola Pemprov Jambi. Sayangnya, Erman tak menyebutkan izin SIUP yang diberikan itu untuk perusahaan apa.

Namun, dipastikan izin SIUP yang diberikan itu juga untuk aktivitas tambang. “Sekian ratus SIUP yang ada di Provinsi Jambi untuk aktifitas tambang, hanya satu yang dikelola oleh Provinsi,” ungkapnya.

“Sejauh ini banyak SIUP yang dikeluarkan itu oleh Kabupaten semua yang mengeluarkan. Provinsi itu mengeluarkan untuk di Sarolangun juga kalau tidak salah, tapi bukan Antam,” pungkasnya.(sumber: Jambi Independent)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2014 in News Terkini

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: