RSS

draft buku opini terbaik Jambi Independent 2015

04 Feb

Pengantar Penerbit

Buku ini sengaja kami terbitkan bertepatan dengan HUT Jambi Independent ke 20, 1 Juni 2015. Tujuannya sederhana, agar semua yang terlibat langsung dengan Jambi Independent –para penulis dan pembaca-, bisa merasakan betapa masih pentingnya media cetak di Provinsi Jambi. Lewat kolom opini, redaksi sengaja membebaskan para penulis berekspresi, menyalurkan ide dan turut membangun Jambi lewat pemikiran-pemikiran serta masukan-masukan yang cerdas.

Opini-opini yang ditulis penulis lokal, lalu dimuat di rubrik Opini Jambi Independent rentang waktu Januari hingga Desember 2014, kami rangkum, kami seleksi dan kami pilih yang terbaik versi redaksi. Penilaian dilakukan oleh tim dengan tema yang telah ditetapkan.

Dari sekian banyak opini yang ditayangkan, kami bagi menjadi 3 kategori. Politik, pendidikan dan umum. Ketiga kategori ini mewakili keseluruhan artikel yang telah ditayangkan Jambi Independent. Meski begitu, rohnya adalah politik.

Kenapa politik? Karena 2014, adalah tahun politik. Tahun ketika rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Jambi, menikmati pesta demokrasi. Baik itu berupa pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden. Maka, adalah wajar akhirnya judul buku diambil dari salah satu tulisan bermuatan politik, yang ditulis oleh saudara Bahren Nurdin (dosen IAIN STS Jambi): “Tim Sukses atau Calo?”.

Lewat tulisannya yang sedikit “nakal”, Bahren berhasil menghidupkan suasana politik yang memanas ketika momen pileg.

“… Saya kemudian menyimpulkan bahwa mereka ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama tim sukses. Kedua calo pengumpul suara.

Kedua kelompok ini secara kasat mata memang agak susah untuk dibedakan, mana yang calo dan mana yang benar-benar sebagai tim sukses.”

Penggalan kalimat itu kemudian dilanjutkan oleh Bahren dengan rincian-rincian yang menarik. Alur pemikiran Bahren yang mengalir, membuat opini “Tim Sukses atau Calo”, menjadi benar-benar hidup.

Selain Bahren, penulis-penulis lokal Jambi yang lain juga mampu menghidupkan ide-ide segarnya lewat opini. Semisal V. Carlusa (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jambi). Lewat opini berjudul “Jambi Menuju Kawasan Ekonomi ASEAN 2015”, V. Carlusa menggambarkan tetang kegelisahan, persiapan-persiapan, hingga apa saja yang harus dilakukan untuk menyambut agenda ekonomi besar.

Lalu, ada pula Tridai Sepitri, pengajar di STISIP Nurdin Hamzah. Wanita ini, lewat opininya berjudul “Islam dan Tradisi Menulis”, mampu pula menghadirkan situasi kekinian tentang dunia tulis menulis.

“Yakinkan dalam diri bahwa kita mampu dan buanglah rasa minder dan takut jika tulisan kita akan dicemooh orang. Menulislah dengan niat memberi pengetahuan, berbagi ilmu dan pengalaman…”

Selain tiga nama yang telah kami sebutkan di atas, ada nama-nama penulis aktif lain yang terus setia mengisi kolom Opini Jambi Independent. Mereka, dengan ketekunan dan kecerdasan, bersedia untuk rutin menyajikan pemikiran-pemikirannya bagi pembaca setia Jambi Independent.

Makanya, sebagai wujud penghargaan dari kami, kru Jambi Independent, akhirnya buku ini kami terbitkan. Karena media cetak, tidak akan pernah bisa lepas dari pembaca dan juga penulis. Karena pembaca yang baik, biasanya adalah penulis yang baik. Begitu sebaliknya.

Akhir kata, mengutip Tridai Sepitri, kami menyarankan agar teruslah menulis, karena menulis dengan niat memberi pengetahuan, berbagi ilmu dan pengalaman, adalah bagian dari kebaikan manusia yang berilmu.

Salam redaksi. Selamat membaca.

Jambi, 1 Juni 2015

Munawwir

GM Jambi Independent

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: